aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Warna Kulit Merata Indikator Kulit Cantik dan Sehat

Wednesday, 13 May 2015 18:44:48 WIB | Khairiyah Sartika
Warna Kulit Merata Indikator Kulit Cantik dan Sehat
Peluncuran Satto Whitening C-Scrub di Midori (Tika/tabloidbintang.com)

TABLOIDBINTANG.COM - dir="ltr">SETIAP wanita mendambakan kulit sehat dan cantik. Namun masih banyak yang mengeluhkan kondisi kulit yang tidak cerah dan adanya area gelap di bagian tubuh tertentu.

Menurut pengelompokkan kulit Fitzpatrick Skin Type, kulit terbagi menjadi 5 tipe mulai dari kulit terang hingga gelap. Ini diklasifikasi dari tipe kulit yang mudah terbakar hingga kulit yang mudah menggelap atau mengalami tan.

Kendati demikian, dr. Kardiana Purnama Dewi, Sp.KK, dokter spesialis kulit dan kelamin menyatakan bahwa tingkat kecerahan kulit tidak tergantung dengan pigmen kulit. Namun warna kulit yang merata dan cerah mengindikasikan kondisi kulit yang sehat.

"Alangkah baiknya warna kulit sehat cerah dan juga merata," ungkapnya saat ditemukan di peluncuran Satto Whitening C-Scrub di Midori, Jakarta Pusat, Rabu (13/5).

Sayangnya masih banyak wanita mengalami penggelapan atau area hitam di tubuh seperti di ketiak, dengkul, siku, lipatan paha dan lutut.

Timbulnya area hitam pada tubuh dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satunya obesitas atau kelebihan berat badan.

"Area hitam juga dapat disebabkan oleh friksi atau terjadinya gesekan yang menyebabkan abrasi dan iritasi kulit hingga hiperpigmentasi," terang dr. Kardiana.

Faktor lain dapat pula disebabkan ketidakaseimbangan hormon ataupun Acanthosis yang berupa kelainan kulit, bukan hanya berupa keluhan estetika namun dikarenakan gangguan kadar insulin.

"Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kulit sehat cerah dan merata seperti menjaga kelembaban kulit, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, menghindari paparan sinar matahari, penggunaan pelembab dan membersihkan wajah secara bersih," jelasnya.

Untuk pelembab sebaiknya digunakan setiap hari dua kali sehari dan sebaiknya setelah mandi. Pasalnya kebanyakan pelembab sifatnya menarik air.

Disarankan pula menggunakan scrub pada area tubuh yang gelap, tidak lebih dari dua atau tiga kali seminggu.

(tika/gur)

Komentar