aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

4 Cara Efektif Menjaga Kesehatan Rambut

Tuesday, 12 January 2021 02:00:23 WIB | Nisa
4 Cara  Efektif  Menjaga Kesehatan Rambut
Rambut sehat itu umumnya kuat, halus, dan mudah diatur. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Siapa yang tidak menginginkan rambut tebal dan sehat? Baik wanita maupun pria pastinya ingin memiliki tipe rambut idaman. Rambut yang tebal bersinar, membuat penampilan jadi lebih keren.

Rambut sehat itu umumnya kuat, halus, dan mudah diatur. Bisakah kita memiliki rambut yang sehat dan indah? Berikut 5 cara paling terbukti dan efektif untuk menjaga kesehatan rambut Anda.

1. Rutin Merapikan Rambut
Pastikan rambut Anda dipotong secara teratur. Pastikan memotong rambut di tempat cukur rambut dan ditangani stylist profesional yang ada di salon. Rambut pendek harus dipangkas setiap 4 hingga 8 minggu, sedangkan jangka waktu yang disarankan untuk pemangkasan rambut sedang hingga panjang adalah 6 hingga 12 minggu. Jika pergi ke jalur profesional bukan pilihan Anda, Anda dapat melakukannya sendiri di rumah dengan sedikit latihan. Yang Anda butuhkan hanyalah gunting untuk memulai trim di rumah.

Pemangkasan rambut dapat membantu pertumbuhan rambut baru lebih baik. Ini karena pemangkasan teratur membantu menghilangkan rambut rusak dan ujung bercabang, meningkatkan pertumbuhan rambut lebih lanjut dari akar. Memangkas ujung rambut Anda akan membuat rambut Anda lebih lembut dan fleksibel, sehingga dapat mencegah kerusakan.

2. Bersihkan Rambut dengan Sampo dan Rawat Dengan Kondisioner
Keramas ternyata sangat penting untuk rambut Anda! Karena membantu membersihkan kulit kepala. Saat Anda keramas, perhatikan kulit kepala dan bukan ujung rambut Anda. Anda juga harus mengetahui jumlah sampo yang tepat untuk digunakan. Ini disesuaikan dengan panjang atau pendek rambut Anda.

Penggunaan sampo yang berlebihan membuat rambut menjadi kering. Karena busa sampo yang berlebih bisa menghilangkan semua minyak alami yang fungsinya menjaga kelembapan rambut dan memberikan kilau alami.

Seberapa sering Anda perlu keramas disesuaikan dengan tekstur rambut, tetapi sekali atau dua kali seminggu sangat cocok untuk kebanyakan orang. Kondisikan rambut Anda menggunakan kondisioner setelah keramas untuk merevitalisasi rambut dan mengunci kelembapan. Aplikasikan kondisioner dengan fokus khusus pada ujung rambut dan bukan pada akar.

(Depositphotos)
(Depositphotos)

3. Menerapkan Pola Diet yang Baik
Ini mungkin cara paling efektif dan penting untuk menjaga kesehatan rambut Anda. Vitamin, protein, dan zat besi yang terkandung dalam makanan tertentu dalam diet sangat penting untuk pertumbuhan rambut. Sel-sel rambut membutuhkan nutrisi agar terjadi pertumbuhan. Apa yang kita konsumsi juga memberikan kilau alami pada rambut.

Memasukkan makanan yang kaya zat besi seperti ikan, kacang-kacangan, dan sayuran ke dalam makanan harian yang Anda konsumsi, dapat membantu tingkat kesuburan rambut. Minum banyak air setiap hari, karena menjaga diri Anda tetap terhidrasi berarti kulit, kuku, dan tentu saja rambut akan terjaga kelembapan dan kesegarannya.

4. Oleskan Minyak Rambut
Ini cara paling umum untuk membantu menjaga rambut tetap sehat berkilau. Jika Anda memiliki rambut tipis dan lurus, oleskan minyak esensial seperti minyak kelapa ke rambut Anda sebelum menggunakan sampo. Jenis rambut ini lebih rentan terhadap minyak, sehingga minyak yang terlalu banyak akan membuatnya tampak terbebani. Jika Anda memiliki rambut keriting dan kering, gunakan minyak saat rambut basah untuk mengunci kelembapannya. Karena rambut Anda cenderung lebih kering, minyak membantu rambut mempertahankan kelembapannya, mencegahnya dari kerusakan. Hasilnya, rambut menjadi lebih lembut, mudah diatur, dan sehat.

(nisa/val)

Komentar