aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

Ini Sebabnya Anda Tak Boleh Tidur Memakai Lensa Kontak

Friday, 6 December 2019 07:00:23 WIB | Yuriantin
Ini Sebabnya Anda Tak Boleh Tidur Memakai Lensa Kontak
Tidur menggunakan lensa kontak dapat menyebabkan iritasi pada mata. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Sungguh nyaman memakai lensa kontak. Selain membantu penglihatan, lensa kontak juga bisa menunjang penampilan.

Sayangnya, mereka yang sering menggunakan lensa kontak biasanya memiliki kebiasaan yang buruk satu ini yaitu tidur tanpa melepas lensa kontak. Padahal, tidur menggunakan lensa kontak dapat menyebabkan iritasi pada mata, sehingga mata menjadi merah.

Akibatnya, timbul rasa sakit pada mata dan menyebabkan mata menjadi sensitif. Pada beberapa kejadian, tumbuh benjolan kecil pada permukaan mata akibat iritasi. Benjolan tersebut dapat menyebabkan lensa kontak tidak pas dengan ukuran mata, yang berakibat Anda tidak bisa lagi menggunakan lensa kontak.

Tidak hanya itu, ketika tidur, lensa kontak bergesekan dengan permukaan mata, yang meningkatkan risiko terkena corneal ulcers (luka pada kornea). Timbulnya peradangan dan infeksi juga kerap terjadi pada mereka yang biasa tidur menggunakan lensa kontak, seperti dilansir dari laman Boldsky.

Selain itu, pemakaian lensa kontak secara terus menerus, mengurangi persediaan oksigen di area mata, padahal sama halnya dengan organ tubuh lain, mata juga membutuhkan oksigen.

Komentar