aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

3 Langkah Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Klitoris

Wednesday, 9 October 2019 23:30:23 WIB | Wida Kriswanti
3 Langkah Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Klitoris
Kebanyakan wanita menganggap perawatan vagina saja sudah cukup. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Eh, ada perawatan khusus untuk satu organ itu? 

Well, kebanyakan wanita menganggap perawatan vagina saja sudah cukup. Bisa jadi benar, asalkan si kecil klitoris ikut termasuk ke dalam perawatan. Namun sayangnya, biasanya terlewatkan atau bahkan tidak terurus sama sekali. 

Merawatnya tidak serumit yang dibayangkan, kok. Seperti dilansir Warmfuzzies, ada tiga langkah utama yang harus Anda lakukan setiap harinya agar klitoris terjaga kebersihan dan kesehatannya. 

1. Semprotkan air tepat ke arahnya 

Mengingat klitoris area yang sensitif, membersihkannya dengan semprotan air yang diarahkan langsung sudah lebih dari cukup. Jadi, tidak perlu Anda menggosoknya berlebihan. Ingat, lakukan langkah ini setiap kali selesai mandi agar sisa sabun yang mungkin terselip ikut terbasuh. 

2. Beri sedikit remasan 

Jika Anda merasakan gatal yang mengganggu di area klitoris, bisa jadi karena ada sumbatan, entah dari keringat atau minyak alami, yang perlu dikeluarkan. Caranya, remas klitoris seperti Anda memencet jerawat. Jika terasa ada yang keluar, Anda boleh merasa lega. Jangan lupa, basuh kembali dengan air seperti pada langkah pertama.

3. Oleskan sedikit madu dan minyak esensial rosemary 

Minyak esensial rosemary tidak hanya memberikan aroma segar pada area kewanitaan Anda, tapi sekaligus berfungsi sebagai antiseptik. Sedangkan madu membuat klitoris terjaga kelembapannya. Terapkan sebanyak beberapa kali setiap bulan, lakukan sebelum Anda membersihkan tubuh secara keseluruhan.    

Komentar