aura('#content-light').lightGallery({ selector: '.item-img', download: false });

5 Perawatan Kecantikan Ini Tak Boleh Dilakukan Saat Menstruasi

Friday, 4 October 2019 03:00:23 WIB | TEEN.CO.ID
5 Perawatan Kecantikan Ini Tak Boleh Dilakukan Saat Menstruasi
Wanita yang sedang menstruasi ternyata tidak boleh sembarangan melakukan perawatan kecantikan. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Wanita yang sedang menstruasi ternyata tidak boleh sembarangan melakukan perawatan kecantikan. Setidaknya ada 5 jenis perawatan kecantikan yang tidak boleh dilakukan. Alasannya, karena tubuh wanita mengalami perubahan tertentu saat dalam masa haid yang kemungkinan akan berpengaruh saat mendapatkan treatment tertentu.

"Wanita mengalami tiga siklus hormon utama dalam satu bulan; estrogen, progesteron, dan testosteron, yang keseluruhannya memengaruhi kulit Anda secara berbeda," kata ahli kecantikan Erica Cerpa, seperti dilansir Refinery29. Karena perubahan hormon inilah, ada beberapa hal yang juga bisa membuat perawatan kecantikan berdampak pada timbulnya jerawat atau gangguan lainnya.

Maka apa saja perawatan kecantikan yang sebaiknya tidak dilakukan saat menstruasi, berikut ini daftarnya seperti dilansir Teen.co.id.

1. Facial

Melakukan facial saat menstruasi bukan keputusan yang tepat. Karena saat haid, kulit sedang dalam kondisi sangat sensitif sehingga rentan berjerawat. Baiknya, lakukan facial sekitar dua minggu sebelum datangnya sang tamu bulanan ini.

2. Laser Hair Removal

Menyingkirkan bulu-bulu yang nggak diinginkan dengan laser memang paling enak dan nyaman, tapi jangan dilakukan kalau sedang menstruasi. Karena kulit sedang dalam kondisi sensitif, kulit bisa saja iritasi dan bahkan menjadi merah - merah karena tidak tahan dengan treatment yang dilakukan.

3. Exfoliate

Exfoliate biasanya dilakukan 2 kali seminggu, tapi hindari jika Anda sedang menstruasi. Melakukannya saat sedang menstruasi bisa membuat kulit wajah iritasi dan merah - merah. Jadi sebaiknya, tunda ya.

(Depositphotos)
(Depositphotos)

4. Waxing

Waxing juga sebaiknya nggak dilakukan saat sedang menstruasi. Tentu Anda tahu proses waxing lumayan menyakitkan. Terbayang jika melakukannya saat kulit sedang sangat sensitif. Bisa - bisa saat terkena panas lilin dan pengangkatan bulu - bulu yang tidak diingnkan, kulit menjadi seperti memar.

5. Hydrating Mask

Tidak cuma jadi lebih sensitif, kulit wajah saat menstruasi juga memproduksi lebih banyak minyak. Maka hindari penggunaan hydrating mask jika tidak mau jerawat muncul lebih banyak. Lebih baik gunakan masker oil free atau masker yang memiliki soothing effect dengan bahan seperti lidah buaya.

TEEN.CO.ID

Komentar