Bolehkah Merahasiakan Sesuatu Dari Pasangan?

Saturday, 10 February 2018 18:00:35 WIB | Agestia Jatilarasati
Bolehkah Merahasiakan Sesuatu Dari Pasangan? (Depositphotos)

AURA.CO.ID - Dalam menjalin sebuah  hubungan, idealnya tidak ada lagi rahasia di antara pasangan.

Tetapi tak bisa dimungkiri bahwa sebagian orang punya rahasia yang dianggap terlalu berat untuk diungkapkan, bahkan  kepada pasangannya sekalipun.

Bagaimana seharusnya kita bersikap? 

Merahasiakan sesuatu dari pasangan Anda tidak selalu berhubungan dengan urusan perselingkuhan.

Psikolog senior di Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia, Muhammad Rizal, Psi., mengatakan, biasanya ada beberapa rahasia pribadi yang cenderung disimpan, yakni masalah seksual, kesehatan mental, perselingkuhan, khayalan romantis kepada orang lain, detail sejarah keluarga, finansial dan kegagalan.

Alasan yang biasanya mendasari seseorang merahasiakan sesuatu dari pasangannya adalah  takut melihat reaksi emosi   pasangan jika mengetahui rahasia tersebut. “Ini banyak terjadi pada pria karena mereka cenderung ingin menghindari konflik,” Rizal berpendapat.

Merahasiakan sesuatu dari pasangan kita tentu mempunyai risikonya sendiri. Rizal menjelaskan,  apa pun  yang Anda simpan  itu  cepat atau lambat bisa saja terungkap – baik dari orang lain atau orang terdekat – dan pada akhirnya  malah bisa menyakiti pasangan. 

“Jika menginginkan sebuah hubungan yang berlandaskan rasa percaya, maka sebaiknya rahasia apa pun itu diungkapkan. Kalau suatu saat terungkap atau terlambat diketahui, misalnya  di saat Anda dan pasangan telah melangkah ke jenjang yang lebih serius seperti menikah, hal itu akan memengaruhi hubungan Anda dengan pasangan atau dengan keluarga secara lebih luas,” Rizal memperingatkan.

(ages / gur)

Komentar