Main Video Game Ada Manfaatnya, Jika...

Saturday, 13 January 2018 08:30:36 WIB | Rizki Adis Abeba
Main Video Game Ada Manfaatnya, Jika... (Depositphotos)

AURA.CO.ID - Jika dimainkan dalam kuantitas yang sesuai, sebenarnya ada manfaat yang bisa diperoleh anak dari video game.

Bermain Video Game bisa memperbaiki suasana hati, mempertajam kemampuan memecahkan masalah, serta meningkatkan koordinasi otak, mata, dan tangan. 

Menurut jurnal yang dimuat dalam kumpulan jurnal Asosiasi Psikolog AS pada 2014, orang yang bermain Video Game mempunyai kemampuan kognitif seperti navigasi, memori, persepsi, kreativitas, menemukan alasan, dan memecahkan masalah yang lebih baik.

Bahkan hasil penelitian yang dipublikasikan kumpulan jurnal Scientific Reports pada 2017 mengemukakan, Video Game memperlancar kemampuan membaca pada anak pengidap disleksia.

Agar anak bisa menyerap manfaat Video Game tanpa terjerumus menjadi pencandu, orang tua harus bisa menjadi moderator.

Bagaimana mau melarang anak bermain, jika orang tua ternyata juga mencandu Video Game? Boleh saja memperkenalkan anak kepada Video Game.

Apalagi, bermain Video Game bersama anak bisa menjadi momen untuk mempererat ikatan batin anak dan orang tua, biasanya ayah. 

Akan tetapi jangan kebablasan. Buatlah aturan yang jelas mengenai waktu, durasi, dan permainan apa saja yang boleh dimainkan anak. Perhatikan pula kehidupan sosial anak di luar rumah.

“Orang tua harus bisa memosisikan diri sebagai anak sehingga bisa membuat batasan yang terasa saling menguntungkan (untuk anak dan orang tua) tentang komputer, media sosial, dan Video Game,” bilang Quashen.

Tak kalah penting, ia menambahkan, “Orang tua harus benar-benar hadir dan terkoneksi dengan anak.”

(riz / gur)

Komentar