Sukses di Dunia Akademis, Peneliti Perempuan Ini Ungkap Rahasia di Baliknya

Monday, 13 November 2017 23:15:00 WIB | Wida Kriswanti
Retno Wahyu Nurhayati, Ph.D ungkap rahasia sukses di dunia akademis (Wida / Aura)

AURA.CO.ID - Kesan melulu belajar hampir selalu disematkan kepada mereka yang berprestasi di dunia akademis. Seperti ketika redaksi Aura bertemu dengan salah satu peneliti perempuan pemenang penghargaan L'Oreal - UNESCO FOr Women in Science 2017, Retno Wahyu Nurhayati, Ph.D, di Kemenristek Dikti, Jakarta, Kamis (9/11). Spontan kami berkata, belajar terus ya?

Padahal kenyataannya tidak melulu seperti itu, setidaknya seperti yang dilakukan Retno. Gadis kelahiran Sragen, Jawa Tengah tahun 1988 itu merasa tidak ngoyo belajar. Salah - salah malah memicu stres. Diceritakan olehnya, saat mengenyam pendidikan S2 dan S3 di Jepang, ia tetap bergaul dengan teman - teman dari lingkup yang luas. 

"Saya seimbang saja ya, antara pendidikan dan kehidupan sosial," buka Retno. "Karena menurut saya, kalau sekolah itu cuma belajar saja, itu ilmunya jadi sedikit. Beda dengan kalau kita bergaul dengan orang - orang dan dengan latar belakang yang berbeda. Improvement-nya jadi lebih banyak," tutur Retno yang aktif dalam komunitas Persatuan Pelajar Indonesia - Jepang, semasa kuliah di sana. 

Lalu Retno, yang saat ini tergabung dalam unit riset Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia, juga menyeimbangkan kehidupan akademisnya dengan tetap menggeluti hobi.  

"Saya suka traveling. Jadi begitu Sabtu dan Minggu, saya langsung off (dari dunia akademis)," ujar Retno. "Harus seimbang pokoknya," pungkas wanita yang masih betah melajang ini.  

 

(wida / wida)

Komentar