Kenali Gejala Difteri Berikut Sebelum Kondisi Memburuk

Thursday, 7 December 2017 14:50:00 WIB | Nanda Indri Hadiyanti

AURA.CO.ID - Penyakit Difteri menjadi kasus kejadian luar biasa di beberapa wilayah Indonesia seperti di Jawa Timur, Jabodetabek, Banten, Jawa Barat dan beberapa wilayah lainnya.

Untuk itu, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melalui laman website resminya, menghimbau masyarakat Indonesia menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat untuk terhindar dari Difteri.

Selain itu pemerintah juga meminta masyarakat kooperatif untuk memeriksa status imunisasi anak - anak yang lebih rentan terhadap penyakit tersebut.

Selain itu, penting juga untuk mengetahui gejala - gejala penyakit difteri agar bisa segera ditangani secara medis.

Difteri sendiri merupakan penyakit yang sangat menular, yang disebabkan oleh kuman Corynebacterium diptheriae.

Vaksin bisa mencegah difteri (Depositphotos)

Gejalanya bisa berupa demam yang tidak begitu tinggi 38 derajat, munculnya pseudomembran atau selaput di tenggorokan yang berwarna putih keabu - abuan yang mudah berdarah dilepaskan.

Gejala lainnya yang juga dirilis Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk penyaki difteri ini adalah sakit waktu menelan, kadang juga disertai pembesaran kelenjar getah bening di leher dan pembengkakan jaringan lunak leher atau bullneck dan juga bisa terjadi sesak napas dan suara mendengkur.

Gejala ini biasa ditemui pada mereka yang terserang difteri, dan difteri ini dapat menyerang yang kurang kekebalan tubuhnya terutama anak - anak.

(nda / wida)

Komentar