Cara Nyaman Agar Sunat Tidak Membuat Anak Trauma

Wednesday, 15 November 2017 18:40:48 WIB | Romauli Gultom
Ilustrasi anak disunat.

AURA.CO.ID - Sirkumsisi atau sunat memang memiliki dampak positif bagi kesehatan pria.

Namun, tidak semua anak memiliki keberanian untuk sunat hingga tak sedikit diantara mereka yang mengalami trauma.

"Banyak anak yang tidak mau disunat hingga usia remaja, hanya karena takut sakit atau mengalami trauma jarum suntik," ujar psikolog anak Firesta Farizal, M.Psi. dalam diskusi Revolusi Sirkumsisi Tanpa Jarum Suntik di Jakarta, Selasa (14/11).

Ketakutan yang sering terjadi pada anak, lanjut dia, adalah bayangan akan rasa nyeri atau phobia ketika jarum menembus kulit.

Untuk mencegah nyeri dan trauma saat sunat, pendiri Rumah Sunatan Dr. Mahdian Nur Nasution, SpBS itu menghadirkan metode suntikan tanpa jarum suntik atau disebut teknologi Needle-free injection.

Teknologi suntikan tanpa jarum memanfaatkan energi pendorong yang kuat dari pegas, gas, atau elektromagnetik dengan tujuan mengantarkan preparat obat berbentuk cair menembus kulit.

"Dengan metode needle-free injection, bebas nyeri ketika disunat dan membuat anak-anak menjadi lebih nyaman dan tidak trauma," jelas dr. Mahdian.

Melalui metode ini, lanjutnya, waktu capai analgesia pasien sunat jadi lebih cepat, tanpa menimbulkan cidera jaringan dan tanpa rasa sakit.

 

(uli / gur)

 

Komentar