Penjelasan Medis Mengapa Konsumsi Alkohol Bisa Sebabkan Diare

Tuesday, 14 November 2017 16:20:00 WIB | Kiki Safitri
Mengonsumsi alkohol terlalu banyak dapat sebabkan diare (Depositphotos)

AURA.CO.ID - Mengonsumsi alkohol dapat mengiritasi lapisan usus. Lapisan usus yang teriritasi membuat kontraksi otot usus menjadi lebih kuat yang berujung pada masalah diare selama beberapa waktu. Ini dikatakan oleh ahli gastroenterologi Andrew Black, M.D, seperi dilansir Womenshealthmag, Selasa (14/11).

Jika kontraksi ini terlalu sering, maka kotoran dalam perut akan keluar sebelum usus menyerap air. Inilah yang membuat seseorang menjadi sering buang air kecil dan juga kotoran yang keluar tidak terbentuk dengan baik akibat kandungan air yang banyak. 

"Jadi ada tiga masalah dalam mengonsumsi alkohol seperti banyaknya cairan yang keluar, terlalu sedikit cairan yang diserap, dan usus bekerja lembur untuk mendorong pengeluaran kotoran," kata Andrew. 

Selain masalah iritasi usus, alkohol dapat membunuh bakteri baik pada usus. Ini mengakibatkan kurangnya keseimbangan antara bakteri baik dan jahat. Akibatnya konsentrasi bakteri jahat lebih mendominasi.

Beberapa orang yang sensitif terhadap gluten atau masalah penyerapan karohidrat, jika mengonsumsi koktail atau bir dapat menganggu usus dan membuat gejalanya semakin memburuk. 

Jika ingin menghindari diare ketika mengonsumsi alkohol, ada baiknya jika membatasi konsumsi alkohol per harinya. Batas konsumsi alkohol yang baik adalah tidak lebih dari dua gelas seharinya. Semakin banyak minum alkohol, semakin berpeluang anda mengalami diare.

Selanjutnya, mulailah untuk mengonsumsi banyak air putih. Air putih dapat mencairkan alkohol pada metabolisme dan mulailah beralih ke alkohol dengan kadar gula rendah.

 

(ki / wida)

Komentar