Terbangun Tengah Malam Tiba - tiba dan Tidak Bisa Tidur Lagi, Lakukan Ini

Monday, 13 November 2017 17:50:00 WIB | Kiki Safitri
Terbangun Tengah Malam Tiba - tiba dan Tidak Bisa Tidur Lagi, Lakukan Ini (Depositphotos)

AURA.CO.ID - Stres bisa menyebabkan seseorang sulit tidur pulas. Salah satu tandanya seperti diungkap Nancy Foldvary Schaefer, DO, Direktur Sleep Disorder Center di Cleveland Clinic, yaitu ketika Anda sering tiba - tiba terbangun malam hari. 

"Insomnia akut sangat umum terjadi dan bisa jadi akibat stres dalam kehidupan," kata Nancy seperti dilansir Health. 

Karena tidur pulas penting untuk kesehatan, maka perlu dilakukan penanganan langsung jika Anda mengalami susah tidur yang disebabkan stres ini. 

1. Identifikasi pemicu stres 

Jika Anda mengetahui pemicu stres, maka tangani dengan cara produktif sebelum tidur. Caranya mudah, yakni dengan menulis. Tuliskan rasa kekhawatiran dan perasaan Anda di secarik kertas. 

"Anda ingin mengatasinya lebih awal, jauhi kamar tidur," kata Nancy. "Rumuskan dan pikirkan penyebab stres. Banyak pasien saya menyimpan jurnal kekhawatiran untuk menuliskan perasaan mereka, Ini membantu menyingkirkan kecemasan sebelum tidur," imbuhnya. 

Nancy mengingatkan, bahwa dengan merenungi penyebab stres saat berada di atas tempat tidur hanya akan membuat gangguan tidur semakin kronis. 

2. Perhatikan suasana kamar tidur 

Kondisi kamar tidur yang rapi akan mendukung istirahat Anda dengan baik. Bahkan sebuah hal kecil seperti pengaturan suhu, penyumbat telinga, tempat tidur yang nyaman dan seprai, sangat berpengaruh untuk membuat Anda tidur dengan pulas. 

"Pastikan suhunya tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin," kata Nancy. "Pastikan juga Anda memiliki kasur dan bantal yang nyaman. 

3. Hilangkan semua sumber kafein 

Jika Anda sedang memperbaiki pola tidur, baiknya jauhi minuman mengandung kafein seperti teh atau kopi. 

4. Jika terbangun malam hari, jangan diam di tempat tidur terlalu lama 

Stres dapat membuat Anda tiba - tiba terbangun malam hari. Memaksakan diri untuk tidur kembali cukup sulit dilakukan dan bahkan berisiko pada munculnya kekhawatiran akan penyebab stres yang hanya membuat Anda lebih stres lagi. 

"Bangun dan lakukan sesuatu yang santai atau membosankan," kata Nancy. "(Tapi) jangan menyalakan televisi yang malah bisa merangsang (untuk tidak tidur). Jangan juga membaca buku yang akan membuat Anda terdorong membalik ke halaman berikutnya. Mungkin membaca bagian koran yang tidak menarik atau menyetrika pakaian bisa dilakukan. Saat Anda mulai merasa mengantuk lagi, segera kembali ke tempat tidur."

 

(ki / wida)

Komentar