Mengapa Payudara Kiri Perempuan Selalu Lebih Besar?

Saturday, 14 October 2017 01:00:55 WIB | Yuriantin
Mengapa Payudara Kiri Perempuan Selalu Lebih Besar? (Depositphotos)

AURA.CO.ID - Selain memiliki fungsi menyusui, payudara juga menunjang penampilan wanita. Tidak sedikit yang mengaku ukuran dan bentuk payudara menambah rasa percaya diri mereka.

Ketika haid, sebagian wanita mengeluhkan payudara mereka membesar. Ini wajar karena selama haid, terjadi peningkatan hormon dalam tubuh.

Bahkan, payudara bisa membesar hingga seukuran cup bra saat tamu bulanan datang. Beberapa hari setelah haid, lingkar dada akan menyusut hingga ke ukuran terkecil karena kadar hormon kembali normal. 

Kehamilan, menyusui, menopause, konsumsi pil KB, hingga berhubungan intim juga bisa menyebabkan payudara membengkak. Pembesaran ini hanya bersifat sementara. Pasalnya, payudara tidak benar-benar bertumbuh lagi. Payudara umumnya mulai tumbuh di usia 9-11 tahun dan terbentuk sempurna pada usia 17 tahun. 

Jika diperhatikan dengan saksama, kebanyakan wanita punya payudara asimetris.

Mengapa Payudara Kiri Perempuan Selalu Lebih Besar? (Depositphotos)

“Salah satu penelitian menunjukkan dari 100 wanita yang berniat melakukan prosedur pembesaran payudara, 88 persen di antaranya memiliki dan mengeluhkan payudara asimetris” ungkap dr. Jessica A. Shepherd dari University of Illinois, AS. Kondisi ini biasanya terlihat jelas ketika masa pubertas. 

Kadar hormon estrogen yang lebih tinggi pada salah satu payudara menyebabkan ukurannya lebih besar. Jurnalis kesehatan Florence Williams dalam buku Breasts: A Natural and Unnatural History menyebut, perbedaan ukuran payudara bisa mencapai 20 persen. 

Lantas, payudara mana yang ukurannya lebih besar? Sebagian kaum hawa mengaku payudara kiri mereka berukuran lebih besar daripada yang kanan. Berdasarkan kesimpulan penelitian terhadap 600 wanita yang dipublikasikan dalam Annals of Plastic Surgery, payudara kiri memang lebih besar.

“Tapi ketika berbicara spesifik tentang payudara kiri yang lebih besar, tidak ada kesepakatan umum tentang hal itu,” Jessica mengingatkan.

 

(yuri / gur)

 

Komentar