Mengenal Preeklamsia, Penyakit Komplikasi Kehamilan yang Dialami Winda Viska

Thursday, 12 October 2017 22:40:15 WIB | Altov Johar
Winda Viska (Seno Susanto / tabloidbintang.com)

Winda Viska divonis terkena preeklamsia di kehamilan anak keduanya. Karena kondisi itu Winda pun harus melahirkan lewat operasi caesar dan lebih cepat dari waktu yang diprediksi sebelumnya.

Preeklamsia sendiri merupakan penyakit komplikasi kehamilan, yang berpotensi berbahaya dengan tekanan darah tinggi. Kondisi ini membutuhkan pertimbangan risiko lahir prematur.

"Gunanya pemeriksaan kehamilan dilakukan pengecekan darah supaya bisa deteksi dini kalau ada preeklamisa," jelas dr Ridwan SPOG, di Kemang Medical Care, Jakarta Selatan, Kamis (12/10).

"Preeklamsia 3 penyebab besar kematian pada ibu hamil. Kita harus hati-hati dan wasapada kalau ada gejala seperti itu," sambungnya.

Winda Viska (Seno Susanto / tabloidbintang.com)

Ridwan mengatakan, hingga kini belum diketahui penyebab pasti preeklamsia. Maka itu, pemeriksaan rutin sangat diperlukan bagi ibu-ibu hamil, agar dapat memproteksi lebih dini tentang gejala awal preeklamsia.

Dilanjutkan Ridwan, kondisi Winda kini berangsur membaik. Hanya saja, bobot anak kedua pasiennya itu masih harus diinkubator, karena lahir secara premature.

"Tapi nggak ada pemberian bantuan nafas intensif, hanya di inkubator aja. Kalau kondisi Winda Viska bagus banget, alhamdulillah tekanan darahnya menurun, tapi tetep harus diterapi. Ada obatnya untuk terapi itu," pungkas dr Ridwan.

 

(tov / gur)

 

Komentar