Agar Tidak Cepat Pikun di Usia Tua, Lakukan Cara Jitu Ini

Wednesday, 11 October 2017 02:30:49 WIB | Romauli Gultom
Ilustrasi

AURA.CO.ID - Tak bisa dipungkiri, salah satu penyakit yang menghantui kita di masa tua adalah demensia atau pikun. Demensia merupakan penyakit yang menyerang sistem penyimpanan memori di otak yang. Akibatnya, seseorang menjadi cepat lupa.

Meski demikian, pikun bisa dicegah dengan melakukan kegiatan yang bersifat fisik yang dapat menstimulasi mental secara rutin.

"Bermain catur dan puzzle sangat bagus untuk menstimulasi otak. Ini sangat membantu kita di usia tua agar tidak mudah pikun," jelas pakar kesehatan dan nutrisi Herbalife, Dr. John Agwunobi di sela gelaran Asia Pasific Wellness Tour 2017 di Jakarta, Selasa (10/10).

Dia menambahkan, untuk mereka yang sudah memiliki cucu juga boleh membantu mereka mengerjakan pekerjaan rumah (PR) dari sekolah untuk menstimulasi mental agar tidak mudah lupa.

"Bantu membuat PR cucu juga sangat baik untuk membuat pikiran kita tetap awas, tidak mudah lupa dan pikun," pungkasnya.

Berdasarkan Healthy Aging Survey mengungkapkan, dengan melakukan aktivitas yang mendorong secara mental seperti otot dan otak berkinerja lebih baik saat berolahraga secara teratur.

Dengan menggabungkan pencarian pendidikan, kemampuan bilingual, dan pemecahan teka teki ini dapat membantu menurunkan risiko demensia, memperbaiki ingatan dan mempertahankan kinerja kognitif yang lebih tinggi.

 

(uli / gur)

 

Komentar