Jaga Kebersihan Handuk, Ini Bahaya yang Akan Timbul Jika Handuk Kotor

Wednesday, 11 October 2017 15:50:53 WIB | TEEN.CO.ID
Ilustrasi (Depositphotos)

AURA.CO.ID - Seberapa besar perhatian Anda pada kondisi handuk yang digunakan sehari-hari untuk mengeringkan tubuh? Kapan terakhir mencucinya?

Jangan sampai malas mencuci handuk yang biasa kita pakai ya, setidaknya satu kali dalam seminggu.

Alasannya karena handuk yang lembab akan menjadi tempat yang ideal untuk kuman berkembang biak. Oleh karena itu kita disarankan lebih sering mencucinya. Kondisi handuk yang lembab, hangat, dan mudah menyerap merupakan lingkungan ideal untuk kuman.

Kuman yang berkembang di handuk kotor bisa menyebabkan infeksi. Selain itu, bakteri alami tubuh kita akan menambah keragaman bakteri di handuk. Bayangkan jika bakteri-bakteri tersebut berpindah dari lingkungan ke badan dan dari badan ke handuk, lalu semua menempel pada tubuh kita. 

Sebenarnya tidak perlu terlalu khawatir karena umumnya kuman tersebut memang tidak terlalu berdampak negatif bagi kesehatan. Tubuh kita juga punya sistem imun untuk melawan kuman-kuman itu.

Namun risiko infeksi kuman dari handuk akan makin tinggi jika kita menyentuh handuk kotor dengan kulit yang memiliki luka terbuka. Luka akibat tergores atau penipisan lapisan kulit akan memudahkan kuman-kuman dari handuk masuk ke peredaran darah.

Selain itu, jika jumlah Escherichia coli yang ada pada handuk melebihi batas normal dan kita kebetulan memegangnya, maka bersiaplah untuk terkena gangguan pencernaan. Apalagi kalau kita malas cuci tangan sebelum makan.

Jadi, jangan lupa untuk rutin mencuci handuk dan selalu mengeringkannya di bawah sinar matahari sebelum dipakai.

 

TEEN.CO.ID

 

Komentar