Benarkah Mengkonsumsi Wine Mampu Tingkatkan Kreativitas?

Sunday, 13 August 2017 13:30:03 WIB | Nanda Indri Hadiyanti
Wine (Depositphotos)

AURA.CO.ID - Di negara-negara barat, khususnya di beberapa kalangan, peminum wine dianggap sebagai orang yang cerdas dan ramah. Selain itu, meminum segelas wine atau bir diyakini mampu meningkatkan kreativitas 

"Alkohol berkaitan dengan kreativitas," ungkap peneliti dari Austria Mathias Benedek, dilansir The Independent.

"Penelitian sebelumnya menemukan sebagian besar penulis memiliki keterikatan dengan alkohol. Kita menemukan minum segelas wine bisa membantu meningkatkan aspek kreativitas," ungkapnya.

Tapi, sangat tidak dianjurkan untuk meminum wine pada pagi hari. Benedek hanya menyarankan minum wine secukupnya dan simultan. Bukan dengan porsi yang berlebihan. 

"Wine akan bekerja dengan bagi seseorang yang duduk untuk menulis tulisan kreatif atau mengeksplor ide di ruangan," ujarnya.

Temuan itu merupakan hasil penelitian di mana beberapa partisipan diberikan segelas botol bir, sedangkan partisipan lainnya tidak diberikan minuman beralkohol. 

Mereka diberi pertanyaan serangkaian kata yang diasosiakkan dengan tugas. Mereka ditanya keterkaitan antara kata, "Swiss", "blue", dan "cake". Mereka yang minum alkohol lebih tepat menjawab "cheese" sebagai kata yang tepat. Untuk kata "tyres", para penimum alkohol menjadi "a swing" sebagai jawaban paling kreatif.

Penelitian yang dipublikan pada jurnal Consciousness & Cognition juga mengungkapkan para peninum bir dan wine ternyata tidak terlalu fokus dan kurang dalam kontrol kognitif. 

"Alkohol memang sulit menjadi parameter dalam menjalankan tugas berkaitan dengan pemikiran, tetapi itu bisa membantu dalam hal kreativitas," jelas Benedek menambahkan.

Benedek juga mengungkapkan bahwqa alkohol membuat para peminum tidak fokus dalam berpikir. "Tapi mereka bisa mencari solusi alternatif," tutupnya.

(nda/ari)

Komentar