Sindrom Tourette yang Dialami Tora Sudiro Sebabkan Gangguan Tidur

Friday, 11 August 2017 11:10:43 WIB | Nanda Indri Hadiyanti
Tora Sudio menderita sindrom tourette. (Bambang/tabloidbintang.com)

AURA.CO.ID - Tourette’s syndrome atau dikenal dengan sindrom tourette merupakan penyakit neuropsikiatrik yang membuat seseorang mengeluarkan ucapan atau gerakan yang spontan (tic) tanpa bisa mengontrolnya. Hal ini terjadi juga pada aktor Tora Sudiro

Sindrom ini tidak mempengaruhi kecerdasan seseorang. Tapi berpengaruh pada kualitas tidur seseorang. 20 sampai 50 persen keluarga penderita sindrom ini mengaku pasien lebih sulit untuk tidur. 

"Karena pada saat mereka akan memulai tidur akan muncul gerakan spontan atau yang dalam dunia medis disebut dengan tics. Saat mereka berbaring, tics akan meledak-ledak dan sulit untuk dikendalikan hingga berjam-jam," kata dr.Astuti Sp.S (K), saat dihubungi Kamis (10/8). 

Lebih lanjut dokter dari klinik gangguan Tidur dan Klinik memori RSUP DR. Sardjito Yogyakarta itu menambahkan pasien-pasien dengan sindrom tourette akan mengalami restless legs syndrome (RLS), yang merupakan kelainan neurologi yang ditandai dengan rasa tidak nyaman seperti kesemutan pada kaki pada saat diistirahatkan. Hal ini yang menyebabkan pasien menjadi tidak dapat menahan untuk tidak menggerakkan kakinya atau periodic limb movements of sleep (PLMS). 

"Yakni kelainan neurologi yang ditandai dengan gerakan yang berulang-ulang dari anggota gerak bagian bawah saat tidur dan sering menyebabkan pasien bangun di tengah malam," lanjutnya.

Gangguan tidur ini sering membuat pasien dengan sindrom tourette mencari pertolongan medis saat gangguan tidur yang dirasa sudah sangat menggangu dan berdampak pada kualitias hidup pasien itu sendiri. Karena itu pasien biasanya mendapat perawatan terkait gangguan tidur.

Itu juga yang mungkin menyebabkan Tora Sudiro mengkonsumsi dumolid yang dikenal sebagai obat penenang. Namun, konsumsi obat-obatan terkait gangguan tidur ini tentu harus di bawah pengawasan dokter. 

(nda/ari)

Komentar