3 Komponen Kulit Ini Perlu Dirawat Jika Ingin Awet Muda

Saturday, 14 October 2017 03:30:31 WIB | Wayan Diananto
Setiap perempuan mendamba kulit yang cantik dan sehat. (Foto: Dok. Depositphotos)

AURA.CO.ID - Setiap perempuan tentu ingin awet muda. Karenanya, perempuan rela melakukan apa saja agar kulit mereka tetap cantik dan kencang. Hal tersebut terungkap dalam talk show “Duplair Indonesia Mempersembahkan Duplair Beauty Products: Everlasting Beauty” di Jakarta Selatan pekan ini. Salah satu narasumber, dr. Abraham Arimuko, Sp.KK mengingatkan, ada 3 komponen kulit yang harus dirawat jika ingin awet muda secara alami.

Pertama, kolagen. Kolagen merupakan salah satu protein yang menyusun tubuh kita. Abraham mengatakan, keberadaan kolagen sekitar 30 persen dari seluruh protein yang ada di tubuh. Kolagen adalah struktur organik pembangun tulang, gigi, sendi, otot, dan kulit. Seratnya memiliki daya tahan yang kuat terhadap tekanan.

“Kedua, hyaluronic acid. Dalam jaringan kulit ada serabut-serabut kolagen yang bentuknya menyerupai pohon-pohon berakar yang berjajar. Di sela pohon-pohon yang berjajar itu ada ruang kosong. Ruang kosong itu diisi hyaluronic acid. Berkurangnya kandungan hyaluronic acid membuat kulit menjadi tidak merata, kendur, dan derajat elastisitasnya menurun,” urai Abraham.

“Ketiga, ceramide yakni komponen permukaan kulit yang salah satu fungsinya melembapkan kulit. Kelembapan berfungsi untuk meningkatkan kualitas kulit termasuk membuat tekstur kulit menjadi lebih lembut. Ceramide bekerja di permukaan kulit,” terangnya.

Tiga komponen kulit ini mempertahankan kulit Anda tetap cantik dan sehat seperti kulit bayi. Kulit bayi itu mengkilat, kalau diraba terasa halus. Saat dicubit, sangat kenyal dan elastis. Sementara kulit yang mudah kemerahan, gatal, dan mudah teriritasi sebenarnya kurang sehat.

Patut diingat bahwa secara alami kulit manusia memang mengalami degradasi salah satunya penuaan. “Selain itu, paparan sinar matahari, pemakaian kosmetik, gaya hidup, dan pemakaian produk kecantikan sangat menentukan kesehatan serta kecantikan kulit Anda,” Abraham mengingatkan.

( wyn / wyn )

Komentar