Belajar Cara Menggunakan Batik dengan Teknik Lilitan

Wednesday, 11 October 2017 03:00:40 WIB | Romauli Gultom
Pesona Batik Wastra Nusantara di Summarecon Mal Kelapa Gading.

AURA.CO.ID - Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengenalkan generasi muda akan keindahan batik sebagai warisan Nusantara.

Salah satunya dengan mengenalkan mereka cara menggunakan batik dengan baik. Seperti gelaran workshop yang dihelat Summarecon Mal Kelapa Gading (MKG) yaitu "Pesona Batik Wastra Nusantara".

Disana Anda dapat mengikuti Batik Drapping Education yang mengusung tema Be Fashionable with Batik. Nah, Pecinta batik dapat belajar menggunakan kain batik cukup dengan melilitkan kain panjang di tubuh tanpa harus memotongnya.

Tidak hanya itu, ada juga Furoshiki Workshop yaitu seni membuntal kain persegi berasal dari Jepang. Furoshiki adalah sebuah kain yang dapat dilipat untuk membungkus berbagai barang.

Furoshiki dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, misalnya membungkus hadiah, bekal, atau barang-barang lainnya. Kain yang digunakan sebagai pembungkus pun berasal dari beragam jenis, bahan, motif, corak, warna, dan ukuran.

Untuk kali kedua, ajang ini digelar untuk memamerkan indahnya pesona batik yang merupakan wastra Nusantara.

"Kami ingin mengedukasi dan mengajak pengunjung untuk lebih mencintai serta mengapresiasi salah satu kekayaan budaya Indonesia sekaligus meningkatkan industri lokal," ujar Tommy L. selaku Center Director Summarecon Mal Kelapa Gading.

Tak ketinggalan, ada Batik Fashion Parade dari para desainer, pengrajin, dan pengusaha batik Indonesia yang memamerkan karya teranyarnya. Di antaranya ada fashion show oleh Bazaar Batik Gallery, Batik Nyonya Indo, NES Batik by HDK, Putri Pare Setiawati, Mannequin Accessories, Mahadevi, Galeri Batik Jawa, Dekranasda Prov. DKI Jakarta (menghadirkan Rumah Kebaya, Rumah Betawi, Batik Riana Kusuma, dan Batik Marunda), Jajaka - Ivan Gunawan, dan Handy Hartono.

 

(uli / gur)

 

Komentar