Tips Bekerja Dari Rumah dan Sukses Menjadi Bos untuk Diri Sendiri

Monday, 19 June 2017 22:00:00 WIB | Widya Laras
Bekerja dari rumah membutuhkan beberapa trik (Depositphotos)

AURA.CO.ID - Bisa mengenakan baju tidur sepanjang hari, bekerja dari rumah bagaikan impian yang tercapai, bukan? Apalagi, kita bisa menghemat waku di perjalanan untuk mengerjakan hal lainnya. Namun nyatanya, bekerja dari rumah tetap bisa membuat kita gila karena membutuhkan trik pintar agar tetap konsisten dan disiplin. Berikut tips sukses bekerja dari rumah sehingga lebih produktif:

Ciptakan ruang kerja

Sangat menggoda untuk menghabiskan waktu di tempat tidur bersama laptop Anda, namun percayalah, Anda akan lebih produktif jika memiliki ruang kerja khusus. Memiliki ruang kerja di loteng merupakan ide bagus karena bisa memberikan pemandangan ideal. Namun, sudut di kamar tidur juga bisa dimanfaatkan dengan baik. Investasikan pada kursi duduk yang ergonomis sehingga tidak membuat punggung dan leher pegal.

Tetapkan jam kerja

Hanya karena kita menghemat waktu di jalan, bukan berarti kita memanfaatkannya untuk tidur hingga siang hari. Faktanya, terlalu banyak tidur juga berisiko pada gangguan kesehatan. Oleh karena itu, jaga jam tidur agar tetap normal dan atur waktu bekerja.

Berpakaian rapi

Ganti pakaian tidur dan berpenampilan rapi layaknya orang kantoran. Ingatlah bahwa Anda sedang bekerja, jadi jangan menonton televisi dan bersantai di sofa. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengenakan pakaian formal meningkatkan kepercayaan diri. Bahkan, bisa memicu perspektif pemikiran jadi lebih luas.

Jangan terdistraksi dengan pekerjaan rumah

Mungkin awalnya hanya mencuci piring, lalu tanpa sadar, Anda menghabiskan waktu untuk membersihkan semua bagian rumah. Lakukan kebaikan untuk diri sendiri: abaikan pekerjaan rumah hingga sore hari atau akhir pekan. Atau, minta bantuan anak-anak untuk membersihkan rumah. Sebuah penelitian dari University of Mississippi menunjukkan bahwa anak-anak yang melakukan pekerjaan rumah tumbuh menjadi orang yang sukses.

Ambil waktu istirahat

Ambil jeda sejenak dari layar komputer untuk mencari udara segar setiap beberapa jam sekali – meskipun hanya kunjungan singkat ke kedai kopi favorit Anda. Interaksi dengan orang lain juga sangat penting, jadi jangan mengurung diri seharian di rumah dan hanya menatap layar komputer.

Buat tujuan yang ingin dicapai

Dengan tidak adanya manajer yang selalu mengecek pekerjaan kita, membuat tujuan jangka pendek dan panjang untuk diri sendiri merupakan kunci utama. Tidak hanya membantu kita menjadi lebih produktif, tapi juga memastikan bahwa karier kita berada di jalur yang benar. Mulai hari dengan membuat daftar hal-hal apa saja yang harus dikerjakan dalam sehari. Selain itu, lakukan evaluasi sebulan sekali.

Mengemil makanan sehat

Tidak ada salahnya break dari pekerjaan untuk mengemil. Namun, pastikan pilih camilan yang sehat sehingga tidak membuat mengantuk dan tidak mengganggu produktivitas.

Tinggalkan pekerjaan di ‘kantor’

Salah satu manfaat bekerja dari rumah adalah fleksibilitas. Cobalah untuk memisahkan pekerjaan dan kesenangan pribadi. Misalnya, dengan mematikan komputer dan membersihkan meja kerja di sore hari. Ini sangat penting untuk kesehatan mental kita.

Itulah tips bekerja dari rumah yang bisa kita lakukan. Selamat mencoba!

 

(widya/wida)

Komentar