Wah, Ternyata Berolahraga Tidak Disarankan di Hari Minggu

Friday, 17 February 2017 21:30:00 WIB | Yuriantin
Olahraga di hari minggu tidak disarankan (Depositphotos)

AURA.CO.ID - Akhir minggu selalu dinanti. Terbayang akan istirahat dan melakukan kegiatan yang rileks seharian. Sayangnya, sama seperti minggu-minggu sebelumnya, akhir minggu Anda justru ditemani setumpuk deadline

Padahal menurut Dr. Matthew Sleeth, penulis 24/6: A Prescription for a Healtier, Happier Life, tubuh membutuhkan waktu untuk beristirahat atau "stop day". Ketika tidak beristirahat, tubuh akan mengeluarkan hormon adrenalin dalam jangka pendek dan hormon steroid dalam jangka panjang untuk mengatasi stres dan kelelahan.  "Jika kita tidak meluangkan satu hari untuk beristirahat, kita menghalangi tubuh untuk mengurangi kadar kedua hormon tersebut dan membalikkan tubuh pada kondisi semula."

Supaya Anda tidak perlu mengorbankan hari Minggu untuk bekerja, buatlah jadwal prioritas setiap Senin pagi yang berlaku untuk seminggu. Selalu kosongkan waktu di hari Minggu, sehingga Anda termotivasi untuk menyelesaikan semua pekerjaan sebelum akhir minggu. 

Setelah berhasil mendapatkan hari "libur" di hari Minggu, jangan lupa manjakan diri Anda. Bisa dengan berendam selama beberapa saat, baca buku favorit, atau sekadar membuat rencana untuk hari Minggu yang akan datang. 

Jangan paksakan diri untuk berolahraga, kecuali memang Anda benar-benar menginginkannya seperti dikutip dari laman Verily. Jika olahraga justru jadi beban, sebaiknya urungkan niat untuk berolahraga. Cukup lakukan sedikit gerakan peregangan supaya tubuh tidak kaku. 

Intinya, hari Minggu harus diisi dengan kegiatan yang rileks dan disukai, bukan justru menambah beban pikiran. 

 

(yuri/wida)

Komentar