Gangguan Kesehatan Ini Bisa Jadi Karena Anda Sedang Depresi

Monday, 17 July 2017 14:30:00 WIB | Carisya Nuramadea
Depresi pada seseorang mudah dikenali lewat fisiknya (Depositphotos)

AURA.CO.ID - Depresi bisa dialami siapa saja, entah seseorang yang Anda kenal atau bahkan pasangan Anda sendiri. Jika Anda mencurigai seseorang atau bahkan Anda sendiri sedang mengalami depresi, mungkin saja itu benar.

Depresi adalah penyakit mental yang bisa menguasai pengidapnya. Meskipun dirasakan secara mental, fisik seorang penderita depresi juga mengalami gangguan. Berikut ini adalah ciri-ciri fisik seorang yang mengalami depresi yang perlu Anda ketahui.

1. Kelelahan

Penderita depresi mengalami kelelahan yang sangat intens. Mereka merasa kehilangan energi dan bahkan sangat lelah untuk mengerjakan hal-hal sepele. Ini disebabkan karena perasaan sedih, menderita dan putus asa. Berpura-pura tegar untuk menutupi apa yang dirasakan bisa membuat penderita depresi semakin merasa lelah.

2. Gangguan tidur

Kelelahan yang mereka rasakan bisa terjadi karena gangguan tidur. Mereka sulit tidur bahkan kadang tidak bisa tidur sama sekali. Beberapa kadang terbangun di malam hari tanpa alasan yang jelas.

3. Membuat kesalahan

Pengidap depresi sulit untuk fokus, berkosentrasi dan bekerja dengan efisien sepanjang hari sehingga mereka sering membuat kesalahan-kesalahan kecil saat bekerja.

4. Pola makan buruk

Pengidap depresi sering ingin makan berlebih. Makanan bagi mereka adalah sumber untuk meningkatkan mood mereka. Oleh karena itu, tidak jarang pengidap depresi mengalami kenaikan berat badan yang membuat mereka tidak percaya diri. Ada juga yang mengalami sebaliknya: tidak berserela makan dan berat badan turun drastis.

5. Tidak bergairah

Pengidap depresi tidak bergairah dan memiliki libido untuk berhubungan seks. Ini disebabkan karena mereka kehilangan kepercayaan diri.

6. Retardasi psikomotor

Depresi membuat pengidapnya menjadi lamban dalam segala hal, baik lamban untuk bergerak maupun berbicara.

7. Merasa sakit

Pengidap depresi bisa merasa sakit atau nyeri di bagian tubuh mereka tanpa sebab yang jelas. Meskipun demikian, jika ada bagian tubuh yang terasa sakit, belum tentu itu disebabkan depresi. Segeralah untuk periksa ke dokter tentang rasa sakit itu.

8. Gelisah

Salah satu bukti dari penurunan psikomotor pengidap depresi adalah rasa gelisah yang terus menerus. Pengidap sulit merasa nyaman dengan diri mereka sendiri dan mudah gelisah saat dihadapkan dengan hal-hal sepele.

9. Masalah pencernaan

Perut kembung merupakan reaksi yang umum dialami pengidap depresi. Beberapa mungkin merasa mual, diare atau bahkan konstipasi yang tidak dapat dijelaskan. Hal ini dianggap karena kaitan antara otak dan usus yang sangat menonjol saat seseorang mengalami masa depresi.

 

(dea / wida)

Komentar