Frustrasi Ketika Mencari Kerja? Atasi dengan Cara Ini

Saturday, 15 July 2017 05:00:03 WIB | Agestia Jatilarasati
Frustrasi Ketika Mencari Kerja? Atasi dengan Cara Ini (Depositphotos)

AURA.CO.ID - Meski mencari pekerjaan terasa sulit, bukan berarti tidak dapat diatasi. Otak manusia senang belajar serta menyukai hal-hal baru.

Jika Anda bisa memanfaatkan keingintahuan dan keinginan alami untuk belajar, maka kekhawatiran dan frustrasi bisa dikurangi, bahkan dihilangkan. 

Menurut Direktur Eksekutif dari The Career Center Universitas Vanderbilt, AS, Katharine Brooks, Ed. D., ada dua cara untuk menanggulangi frustrasi ketika mencari pekerjaan yaitu:

1.    Menstabilkan emosi

Ada pepatah mengatakan, “Hanya karena Anda merasakan sesuatu, bukan berarti itu benar.” Ketika merasakan emosi negatif yang kuat, seseorang cenderung memercayainya. Padahal, belum tentu yang Anda percayai itu terjadi. Jika terlintas pikiran atau emosi yang negatif, sadarilah bahwa sangat kecil kemungkinan itu terjadi. 

“Duduk bermeditasi selama 10 menit, kosongkan pikiran, dan mengatur pernapasan menjadi penting untuk menenangkan diri. Jika tidak terbiasa bermeditasi, lakukanlah hal lain untuk mengalihkan perhatian sehingga Anda bisa melupakan kecemasan yang Anda rasakan. Misalnya, membuat kerajinan atau melakukan hobi Anda,” Katharine menyarankan.

2.    Berpikir logis

Berpikir logis merupakan salah satu cara untuk mengalahkan rasa cemas. Ketika seseorang cemas akan mendapatkan teman kerja atau bos yang tidak bersahabat, cobalah mencari tahu siapa calon bos atau rekan kerja Anda nantinya. Dengan mengetahui siapa yang akan jadi bos dan rekan Anda, maka semakin baik keputusan yang akan diambil nantinya. 

“Ketika Anda berpikir bahwa rekan kerja atau bos tidak menyukai Anda, carilah cara agar mereka (rekan atau bos) menyukai Anda. Misalnya, dengan mengerjakan sesuatu yang jadi keahlian Anda atau berlatih untuk memiliki keahlian yang dibutuhkan perusahaan, sehingga Anda dapat menyesuaikan diri dengan tempat kerja tersebut. Kecakapan sangat membantu Anda di dunia kerja,” tutup Katharine.

 

(ages / gur)

 

Komentar