10 Cara Memberi Dukungan Kepada Penderita Kanker (Bagian 1)

Tuesday, 20 June 2017 12:10:00 WIB | Carisya Nuramadea
Dukungan yang tulus sangat dibutuhkan penderita kanker (Depositphotos)

AURA.CO.ID - Setelah mengetahui bahwa teman, kolega, atau tetangga menderita kanker, Anda mungkin bertanya-tanya apa yang harus Anda lakukan. Anda mungkin ingin membantu dengan cara tertentu atau berpikir ingin mampir atau mengirim hadiah. Atau mungkin Anda merasa bingung dengan apa yang harus dilakukan atau apa yang harus dikatakan.

Seperti yang dilansir Memorial Sloan Kettering Cancer Center, pekerja sosial Meredith Cammarata dan Liz Blackler memberikan tip terbaik mereka tentang bagaimana memberikan dukungan kepada teman yang mengidap kanker.

1. Tanyakan sebelum Anda berkunjung

Apakah Anda mengunjungi seseorang di rumah atau di rumah sakit, Anda harus bertanya kepadanya atau paling tidak keluarganya apakah Anda bisa datang berkunjung. "Sakit tidak dapat diprediksi," kata Cammarata. "Biarkan teman Anda untuk bebas mengatakan tidak pada kunjungan Anda, dan bersikaplah fleksibel dan mengerti bahwa seseorang yang sakit dapat menelpon dan membatalkannya pada saat terakhir." Jika Anda menghubungi teman Anda namun ia tidak membalas telepon atau email Anda, tidak perlu merasa berkecil hati.

Jika Anda berkunjung, Blackler merekomendasikan agar Anda tidak terlalu lama di sana sehingga teman Anda tidak merasa berkewajiban untuk menghibur atau menjamu Anda. Jika Anda tidak yakin berapa lama Anda harus di sana, katanya, tanyakan saja: "Saya bisa tinggal lebih lama atau apakah kamu ingin saya pergi dan kembali lagi lain kali?"

2. Siapkan grup kontak

Banyak pengidap kanker kerepotan memberitahu teman dan keluarganya sendiri. Cammarata merekomendasikan untuk menyiapkan grup kontak, sehingga hanya satu orang di lingkaran teman Anda yang menjangkau untuk kemudian memberikan pembaruan kepada anggota grup lainnya. Orang ini juga bisa memberitahu orang lain jika teman Anda ingin banyak menelepon/ngobrol atau lebih suka banyak waktu untuk menyendiri.

3. Tawarkan untuk membantu tugas sehari-hari

Mungkin sulit bagi teman Anda untuk meminta bantuan, tapi Cammarata dan Blackler mengatakan bahwa beberapa hal paling menguntungkan yang dapat Anda lakukan adalah menawarkan untuk membantu tugas sehari-hari, seperti belanja bahan makanan, mengasuh anak, menjemput anak-anak dari sekolah, atau mencuci pakaian. Cammarata menyarankan untuk membuat daftar tugas yang bersedia Anda lakukan dan bertanya kepada teman Anda apa yang bisa Anda bantu.

Jika Anda pergi berbelanja untuk kebutuhan keluarga Anda sendiri, tanyakan teman Anda tersebut dan lihat apakah ada hal lain yang perlu Anda beli untuknya, kata Blackler.

4. Jadilah pendengar yang baik

"Hal yang paling berarti dan sedikit membantu… adalah dengan mendengarkan," kata Cammarata. Jika Anda tidak yakin bagaimana memulai percakapan, tidak masalah jika Anda mengatakannya juga.

"Tidak apa-apa jika Anda merasa canggung," kata Blackler. "Tidak apa-apa untuk mengatakan, 'Ini sangat sulit. Saya tidak tahu harus berkata apa'." Ini adalah cara untuk mengenali situasi daripada berpura-pura bahwa saat itu sedang tidak terjadi apa-apa.

5. Pahami isyarat temanmu

Demikian juga, tanyakan pada teman Anda perihal apa yang perlu didiskusikan dengan Anda karena beberapa dari teman yang lain menganggap bahwa berbicara tentang sesuatu selain kanker dan pengobatan adalah hal yang bagus. "Terkadang pasien mengekspresikan frustrasinya karena teman mereka tidak mau membicarakan kankernya. Orang menjadi frustrasi karena kanker adalah bagian besar dari kehidupan mereka," kata Blackler.

Jika Anda tidak yakin, Blackler menyarankan untuk mengatakan sesuatu seperti, "Apakah Anda ingin membicarakannya? Jika demikian, saya di sini. Jika tidak, mari kita makan siang dan berbicara tentang hal lainnya."

 

(dea/wida)

Komentar