Ketika Hubungan Rumah Tangga Tidak Terasa Intim Lagi

Friday, 17 February 2017 14:00:00 WIB | Yuriantin
Keintiman yang kurang membuat rumah tangga kurang bahagia

AURA.CO.ID - Sebuah hubungan rumah tangga mungkin terlihat harmonis, namun belum tentu terasa intim. Mungkin Anda dan pasangan tidak pernah berselisih, tapi juga jarang merasa dekat. 

Jika tidak sedang mengurus masalah anak, Anda berdua lebih memilih menghabiskan waktu terpisah. Misalnya, dengan menggunakan headphone, menonton televisi, atau sibuk dengan gadget masing-masing. 

Mungkin hal ini disebabkan Anda dan pasangan kurang memiliki "me time", terutama bagi Anda yang merupakan orang tua muda. Jika ini masalahnya, luangkan waktu secara bergantian untuk memperoleh "me time" masing-masing. 

Sifat yang terlalu menuntut perhatian (needy) dari salah satu pihak jadi penyebab lain hubungan rumah tangga terasa merenggang. Sifat ini akan mendorong pasangan untuk mengambil jarak seperti dikutip dari laman Psychology Today

Anda yang merasa kecewa, justru mengharapkan perhatian yang lebih lagi dari pasangan. Akhirnya, pola ini jadi siklus negatif yang tidak akan berakhir. Atasi dengan tidak menuntut perhatian berlebih dari pasangan selama beberapa waktu, jika pasangan meresponnya dengan lebih dekat pada Anda, sifat ini harus segera dibuang jauh-jauh. 

Yang penting, jangan mengkritik atau memberikan kode yang menunjukkan bahwa pasangan gagal menjalin hubungan yang intim dengan Anda. Cara ini hanya akan membuatnya semakin menjaga jarak karena takut tindakannya justru akan kembali memancing kritik Anda. Akhirnya, Anda semakin membenci pasangan dan siklus negatif ini akan terus berulang. 

Kuncinya, terapkan 80% komunikasi yang netral atau positif dan hanya 20% saja komunikasi yang bersifat negatif. 
 
 

(yuri/wida)

Komentar