Full Day School: Tips Agar Anak Tidak Terlalu Lelah Belajar

Monday, 19 June 2017 14:40:00 WIB | Wida Kriswanti
Terlalu lama belajar akan membuat anak bosan (Depositphotos)

AURA.CO.ID - Isu full day school atau belajar di sekolah seharian penuh selama kurang lebih 8 jam kembali menjadi perhatian. Pro dan kontra terus bermunculan. Ada yang setuju demi alasan keamanan anak - anak sehari - hari, tidak sedikit yang mengeluh karena anak berisiko terlalu lelah dan bosan belajar.  

Terkait polemik tersebut, psikolog anak dan pendidikan Ayoe Sutomo, ditemui dalam acara konferensi pers British Council Indonesia, Kamis (15/6), merekomendasikan sebuah jalan tengah. Jalan terbaik yang bisa dilakukan orang tua ketika kebijakan full day school tidak terelakkan lagi.  

Jika dalam posisi tidak bisa lagi memilih dan memang harus mengikuti kebijakan tersebut, maka sikap orang tua terhadap anak harus lebih diperhatikan. Ayoe Sutomo ingatkan para orang tua agar tidak lagi banyak menuntut atau bertanya soal pelajaran. "Kalau bertemu dengan anak, jangan yang ditanya pelajaran lagi atau anak disuruh belajar lagi," kata Ayoe Sutomo. "Ingat bahwa anak sudah banyak belajar di sekolahnya," sambungnya. 

Selain itu ditambahkan Ayoe Sutomo, orang tua yang anaknya full day school bisa mulai memanfaatkan hari libur atau akhir pekan yang jadi dua hari setiap minggunya. "Manfaatkan untuk melakukan kegiatan yang bisa menguatkan bonding antara orang tua dan anak," saran Ayoe Sutomo. Beragam kegiatan yang bisa dipilih, misalnya memasak bareng, berkebun bareng, membaca buku bersama, bermain di lapangan, dan lain-lain. "Tidak perlu ke mal atau repot mencarikan mainan mahal. Anak tidak pernah meminta itu, lo," pungkasnya. 

 

(wida/wida)

Komentar