Kebutuhan Asam Folat untuk Kehamilan Akan Berbeda Dalam Kondisi Fisik Ini

Monday, 17 July 2017 21:40:00 WIB | Carisya Nuramadea
Hamil kembar membuat ibu membutuhkan lebih banyak asam folat (Depositphotos)

AURA.CO.ID - Para ahli merekomendasikan agar Anda mengonsumsi 400 mikrogram (mcg) asam folat dalam sehari. Anda sebaiknya mulai rutin mengonsumsi asam folat paling tidak satu bulan sebelum Anda berusaha untuk hamil. Namun, beberapa kondisi berikut ini membutuhkan jumlah asam folat yang berbeda untuk dikonsumsi setiap harinya.

1. Wanita dengan kelebihan berat badan

Wanita yang memiliki kelebihan berat badan memiliki risiko mengalami bayi dengan neural tube defect NTD) cacat lahir yang cukup serius yang terjadi akibat kekurangan asam folat. Oleh karena itu, jika Anda kelebihan berat badan, temui dokter Anda yang barangkali akan meresepkan Anda untuk mengonsumsi asam folat lebih dari 400 mcg sehari.

2. Pernah hamil dan melahirkan bayi NTD

Jika Anda pernah hamil lalu melahirkan bayi dengan NTD, dokter mungkin akan menganjurkan Anda untuk mengonsumsi lebih dari 4000 mcg asam folat dalam sehari. Pastikan dokter Anda tahu sejarah Anda sebelum Anda berkonsultasi dengannya.

3. Mengandung bayi kembar

Jika Anda mengandung bayi kembar, dokter mungkin akan merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi 1000 mcg asam folat setiap harinya.

4. Memiliki kelainan genetis

Anda yang memiliki variasi genetis yang berbeda (atau terkenal dengan mutasi methylenetetrahydrofolate reductase/MTHFR), Anda mungkin akan kesulitan untuk memproses asam folat. Jika Anda tahu bahwa mengalami kondisi itu, segera konsultasikan kepada dokter Anda.

5. Penderita diabetes dan pengonsumsi resep obat-obatan tertentu

Penderita diabetes atau wanita yang mengonsumsi obat-obatan tertentu juga perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui berapa jumlah asam folat yang sebaiknya dikonsumsi demi kehamilan yang lancar dan sehat.

Dari berbagai kondisi di atas, tetaplah untuk selalu konsultasikan kondisi Anda dengan dokter Anda untuk mengetahui jumlah asam folat yang cukup bagi Anda. U.S. National Institutes of Health menyarankan untuk meningkatkan jumlah asam folat yang Anda konsumsi saat Anda hamil menjadi 600 mcg dalam sehari.

Oleh karena itu, mulailah untuk memeriksa label suplemen multivitamin Anda untuk memastikan Anda memiliki asam folat dalam jumlah yang cukup. Jika Anda mengonsumsi vitamin prenatal yang diresepkan, mungkin vitamin itu telah mengandung 800 hingga 1000 mcg asam folat. Oleh karena itu, cek kembali vitamin prenatal Anda.

Untuk kehamilan yang sehat, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi lebih dari 1000 mcg asam folat perhari kecuali dokter menyarankan Anda untuk itu. 

 

(dea / wida)

Komentar