Berkenalan dengan Asam Folat, Asupan Penting Bagi Ibu Hamil

Monday, 17 July 2017 19:40:00 WIB | Carisya Nuramadea
Penting bagi ibu hamil untuk mencukupkan asupan asam folat (Depositphotos)

AURA.CO.ID - Jika Anda sedang hamil atau berencana akan hamil, sangat penting bagi Anda untuk memiliki asam folat yang cukup. Asam folat adalah bentuk sintetis dari vitamin B9 yang biasa dikenal dengan folat.

Asam folat dapat mencegah neural tube defects (NTDs) yaitu cacat lahir yang cukup serius yang terjadi pada lebih dari 3000 kehamilan dalam setahun di Amerika Serikat. NTD bisa terjadi pada awal kehamilan, bahkan ketika sang ibu tidak tahu bahwa dirinya sedang hamil.

Dilansir dalam Baby Center, The Centers for Disease Control and Prevention (CDC) melaporkan bahwa wanita yang mengonsumsi asam folat dalam jumlah yang direkomendasikan secara rutin paling tidak satu bulan sebelum kehamilan dan selama trimester pertama kehamilan memiliki risiko terkena NTD lebih rendah sebanyak 70 persen disbanding wanita yang tidak mengonsumsinya.

Asam folat juga dapat mengurangi risiko bayi Anda terkena preeklampsia (gangguan tekanan darah), bibir sumbing, gangguan jantung dan gangguan lainnya. Asam folat juga merupakan nutrien untuk memproduksi sel darah merah normal dan dapat menghindari Anda dari anemia.

Selain itu, asam folat juga baik untuk memproduksi, memperbaiki, dan mengaktifkan DNA. Asam folat juga penting untuk pertumbuhan sel plasenta dan perkembangan bayi Anda. 

 

(dea / wida)

Komentar