5 Cara Praktis Mengatasi Kaki Berkeringat Penyebab Bau Kaki

Monday, 17 July 2017 16:10:00 WIB | Carisya Nuramadea
Kaki berkeringat sebabkan bau kaki (Depositphotos)

AURA.CO.ID - Terus-terusan berkeringat kadang merepotkan, apalagi jika Anda adalah tipe pemilik kaki berkeringat. Karena risiko kaki yang gampang berkeringat adalah bau kaki. 

Tapi sebagai podiatrist Dina Gohil, yang bekerja sama dengan Canespro Fungal Nail Treatment Set, menjelaskan tentang kaki berkeringat. "Konsentrasi kelenjar keringat tertinggi dapat ditemukan di kaki kita," katanya. "Tujuan alami dari kelenjar keringat adalah untuk memberi kelembaban pada kulit yang menguap untuk membantu menenangkan kita. Ini adalah cara tubuh kita mengatur suhu tubuh kita."

Namun, jika Anda merasa terganggu dengan kaki yang terus-terusan berkeringat dan mengeluarkan bau, sebaiknya simak tip berikut ini.

1. Berinvestasi pada sepatu kulit

Memang, sepatu kulit harganya lebih malah. Namun, sepatu kulit bisa menjaga kaki Anda agar tetap sejuk dan kering. Sepatu kulit lebih memiliki rongga untuk bernapas dibandingkan sepatu plastik dan paten.

2. Tidak terlalu ketat

Apakah sepatu Anda sudah tepat ukurannya? Jika sepatu terasa terlalu ketat atau sempit, itu berarti kaki Anda akan sulit bernapas karena tidak ada ruang yang memungkinkan udara masuk melewati jari kaki. Akibatnya, kaki Anda berkeringat.

3. Ganti sepatu Anda

Kadang kalau Anda sudah betah dengan satu sepatu, Anda akan terus-terusan memakainya. Ta pi berikan kaki Anda istirahat sesekali. Disarankan untuk memakai berbagai pasang sepatu sepanjang minggu untuk membiarkan pasangan yang baru saja dipasangkan keluar rumah. Itu tidak hanya akan menghentikan kaki Anda dari bau, tapi juga akan mengurangi kemungkinan terkena infeksi jamur.

4. Gunakan deodoran kaki

Deodoran kaki ternyata cukup ampuh menghilangkan bau kaki. Jika Anda tidak memiliki deodoran kaki yang tergeletak santai, Anda bisa mencoba menggunakan benda lain yang ampuh seperti bedak dingin atau bedak tabur.

5. Tetap terhidrasi

Minum banyak air adalah cara lain untuk mengurangi kemungkinan kaki berkeringat. Bila tubuh Anda terhidrasi secara menyeluruh, tubuh terasa lebih mudah untuk mengatur suhu sehingga tidak berkeringat.

 

(dea / wida)

 

Komentar