Hari - hari Berat Robby Purba Saat Harus Berpisah dengan Rokok

Sunday, 16 July 2017 22:30:21 WIB | Wayan Diananto
Hari - hari Berat Robby Purba Saat Harus Berpisah dengan Rokok (Ryan / tabloidbintang.com)

AURA.CO.ID - Sekarang, Robby Purba mengganti rokok dengan inhaler yang bentuknya menyerupai rokok.

Perjuangan memerangi rokok diabadikan di akun Instagram. Bukan buat pamer atau supaya dijadikan duta antirokok.

Unggahan di Instagram itu menjadi buku harian pribadi. Warganet menjadi saksi bahwa Robby telah berhenti merokok.

“Jadi, anytime kalau saya berlaku curang dengan diam-diam merokok, orang di luar sana tahu. Dengan mengunggah di Instagram, saya bertanggung jawab kepada para pengikut. Ada sanksi sosial yang saya tanggung jika di kemudian hari saya ketahuan merokok (lagi). Yang paling bahagia atas putusan ini, ya saya sendiri,” Robby berpendapat.

Instagram pula yang mengingatkan Robby soal berapa lama mencandu tembakau. Awalnya, Robby menduga kali pertama berkenalan dengan tembakau ketika mengerjakan skripsi. Rupanya, seorang sahabat yang mengikuti aktivitas Robby di Instagram berpendapat lain.

“Di kolom komentar Instagram, sahabat saya yang namanya Binsar menceletuk, 'Gue ingat banget cara lo merokok sewaktu SMP.' Astaga! Ternyata saya mencandu tembakau selama belasan tahun. Yang membuat saya bersyukur, sejumlah pengikut mengomentari kiriman saya di Instagram dengan menge-tag suami, pacar, atau sahabat. Ajakan untuk berhenti merokok ditularkan ke orang sekitar. Semoga berdampak baik,” sambungnya. Jadi, apa rasanya berhenti merokok?

Hari - hari Berat Robby Purba Saat Harus Berpisah dengan Rokok (Ryan / tabloidbintang.com)

Hari pertama berhenti merokok kata Robby tak terasa berat. Baru terasa berat setelah memasuki minggu ketiga saat Lebaran. Habis menyantap opor ayam, paling afdol, ya merokok ditemani secangkir teh atau kopi. Pemikiran semacam ini kadang menerbitkan rasa galau. Ketika galau melanda, Robby berkaca.

“Saya melihat wajah sendiri di cermin. Cermin memberi tahu saya bahwa karena merokok, bibir saya menghitam. Gigi yang sudah di-bleaching kembali menguning dan kotor. Kemudian saya membisikkan itu kalimat itu ke pikiran sembari membayangkan betapa malunya saya jika kembali berkubang dengan tembakau,” terang pemandu program Rising Star Indonesia.

Hari - hari Berat Robby Purba Saat Harus Berpisah dengan Rokok (Ryan / tabloidbintang.com)

Putus hubungan dengan rokok bukan berarti putus kontak dengan para perokok. Robby tetap menghormati teman-teman yang masih merokok. “Yang mau tetap merokok, silakan. Yang penting, saya tidak,” tegas Robby. Setelah genap 90 hari, ia berencana merayakan kebebasan dari tembakau dengan liburan. “Tapi, tergantung manajemen mau memberi saya cuti berapa lama.”  

 

(wyn / gur)

 

Komentar