Payudara Bisa Lebih Cepat Menua Dibanding Tubuh Anda, Kok Bisa?

Monday, 19 June 2017 17:00:00 WIB | Carisya Nuramadea
Payudara bisa mengalami penuaan lebih cepat dibanding tubuh (Depositphotos)

AURA.CO.ID - Menurut sebuah studi baru yang dipublikasikan di jurnal Genome Biology, ternyata usia jaringan payudara bisa lebih cepat menua daripada bagian tubuh Anda sendiri. Makanya tidak heran, beberapa wanita memiliki payudara yang terlihat lebih ‘layu’ dibandingkan tubuhnya sendiri.

Jangan biarkan ini terjadi, berikut ini adalah tindakan preventif yang bisa Anda lakukan agar si kembar tetap segar.

1. Lembapkan

"Jaringan payudara bisa seperti duduk di wahana roller coaster setiap kali Anda mengalami kenaikan atau penurunan berat badan," kata Marisa Weiss, M.D., pendiri BreastCancer.org. Payudara juga bisa mengalami fluktuasi selama kehamilan dan sebelum menstruasi setiap bulan.

Oleh karena itu, satu-satunya cara untuk menyelamatkan kulit adalah dengan melembabkannya, kata Weiss. Dia menyarankan untuk tetap berpegang pada pendekatan satu bahan seperti minyak kelapa organik di atas payudara Anda.

2. Bra yang baik

Anda memang memerlukan bra olahraga yang bagus saat Anda berolahraga. Tapi tidak hanya itu, si kembar perlu ditopang dengan baik sepanjang hari terlepas dari Anda berolahraga atau tidak. Bahkan jika Anda berlari sekalipun dalam aktivitas sehari-hari Anda, pakailah bra yang tepat untuk menghindari peregangan yang terjadi karena gravitasi.

3. Kencan hanya dengan si kembar

Serius, jadwalkan kencan dengan si kembar Anda sebulan sekali. "Anda harus belajar mengenal jaringan payudara Anda dari waktu ke waktu, jadi jika ada perubahan yang terjadi, Anda akan menyadarinya," kata Weiss. Setiap bulan setelah menstruasi, lakukan pemeriksaan payudara sendiri dari atas ke bawah, dari sisi ke sisi, dan dari belakang ke depan, kata Weiss. Catat sesuatu yang tidak biasa, seperti tonjolan, dimpling, ruam, puting susu, dan perubahan ukurannya.

4. Berolahraga

Anda benar-benar dapat membuat si kembar terlihat kencang dengan latihan yang tepat. "Anda bisa melatih tubuh bagian atas Anda, terutama otot pectoral," kata Weiss. "Payudara berada di atas otot-otot ini, jadi jika mereka dalam kondisi baik, payudara akan tetap kencang."

5. Duduk tegap

Selain melakukan operasi dan menggunakan bra push-up, cara terbaik untuk melawan payudara yang melorot adalah dengan postur tubuh yang sempurna. Duduk tegak akan membuat payudara Anda terlihat jauh lebih besar, kata Weiss. Plus, cara ini lebih murah daripada membeli push-up bra merek ternama manapun.

6. Jika jerawat menghadang

Jika jerawat bermunculan di payudara Anda, apa pun yang Anda lakukan, janganlah disentuh karena dapat meninggalkan bekas luka yang signifikan. Jika mulai muncul jerawat, gunakan pembersih lembut atau obat jerawat topikal yang baik untuk kulit sensitif. Jika terus berlanjut, mintalah dokter kulit Anda memberi sesuatu yang lembut tapi efektif, kata Weiss.

7. Lindungi dari sinar matahari

Tidak hanya wajah, si kembar juga perlu SPF. Apalagi jika Anda senang menggunakan atasan dengan belahan terbuka atau bikini. "Pastikan produk perawatan pribadi yang Anda gunakan sehat untuk Anda," kata Weiss. Environmental Working Group memberikan daftar seluruh tabir surya yang menawarkan perlindungan yang tepat dengan bahan-bahan yang aman.

8. Jangan stress karena stretch mark

Berita buruknya, tanda kecil yang mengganggu ini sebagian besar disebabkan oleh genetika. Tapi inilah kabar baiknya: "Warna merah muda dan bengkak yang menyertai stretch mark yang baru muncul bisa pudar dan hilang seiring dengan perjalanan waktu," kata Weiss. 

 

(dea/wida)

Komentar