5 Langkah Pertolongan Terhadap Epilepsi

Saturday, 20 May 2017 07:00:09 WIB | Wayan Diananto
5 Langkah Pertolongan Terhadap Epilepsi (dok. consumerhealthdigest)

AURA.CO.ID - Keunikan epilepsi yakni pasien yang mengalami kejang tidak sadar bahwa dirinya kejang. Ia hanya mengingat peristiwa persis sebelum kejang terjadi. Kemudian, ia tersadar dari kejang dan melihat orang-orang di sekitarnya panik. 

Ketua Kelompok Studi Epilepsi Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia Jakarta, dr Astri Budikaryanti SpS menjelaskan kejang karena epilepsi disebut bangkitan. Jika itu terjadi, keluarga tidak perlu panik.

“Pasien cukup ditemani untuk memastikan dia tidak jatuh atau cedera. Serangan umumnya berlangsung 2 hingga 5 menit,” terang Astri seraya membagikan lima langkah pertolongan pertama bagi pasien epilepsi:

1.    Hindarkan benturan kepala atau bagian tubuh lainnya dari benda keras, tajam, atau panas. Jauhkan pasien dari tempat atau benda berbahaya. 

2.    Longgarkan bajunya. Miringkan kepalanya ke samping untuk mencegah lidahnya menutupi saluran pernapasan.

3.    Biarkan kejang berlangsung. Jangan memasukkan benda keras di antaranya giginya karena dapat menyebabkan giginya patah. Misalnya, memasukkan sendok ke dalam mulutnya.

4.    Penderita akan bingung atau mengantuk setelah kejang. Biarkan ia beristirahat.

5.    Bila bangkitan epilepsi terjadi berulang-ulang dalam waktu singkat atau penderita terluka, segera bawa ke rumah sakit terdekat.

 

(wyn/gur)

 

Komentar