Ini Durasi Maksimal Ketika Menggunakan Earphone

Tuesday, 21 March 2017 05:00:00 WIB | Yuriantin
Penggunaan earphone harus dibatasi (Depositphotos)

AURA.CO.ID - Penggunaan earphone atau headset sudah jadi kebiasaan sehari-hari. Sayangnya, dampak buruk dari kebiasaan ini masih kurang disadari. 

Misalnya masih banyak yang menggunakan earphone dalam waktu yang lama dan dengan volume yang keras. Padahal disarankan hanya menggunakan earphone selama satu jam dengan volume 60% atau 80-90 desibel. 

Setelahnya, biarkan telinga beristirahat sejenak. "Misalnya selama 15 menit. Dengan melepas earphone, telinga sudah beristirahat," ucap dokter spesialis Telinga, Hidung, dan Tenggorok Bedah Kepala Leher (THT-KL) Soekirman Soekin dalam media briefing Hari Pendengaran Sedunia pada Senin (20/3) di Jakarta.

Setelahnya, earphone boleh digunakan lagi. Namun, telinga wajib diistirahatkan setiap selesai menggunakan earphone

Soekirman juga menganjurkan untuk mendengarkan suara atau lagu yang disukai saja dan mendengarkannya dengan konsentrasi penuh. Karena ketika mendengar, otak akan tetap bekerja meski kita tidak benar-benar menikmati atau mendengarkan lagu. Akibatnya, otak akan kelelahan. 

Tip lain dari Soekirman adalah memilih earphone atau headset dengan bahan yang lembut. "Pilih bahan earphone yang lembut supaya liang telinga tidak lecet," tukasnya.

 

(yuri/wida)

Komentar