Melahirkan Anak Kembar Tidak Harus Caesar, Lo

Friday, 17 February 2017 22:15:00 WIB | Agestia Jatilarasati
Anak kembar memiliki banyak keunikan (Depositphotos)

AURA.CO.ID - Memiliki anak kembar mungkin mimpi bagi sebagian orang. Berbagai cara dilakukan agar bisa mendapatkan kehamilan kembar, salah satunya dengan program bayi tabung.

Tapi, bukan hal itu yang akan kita bahas di sini, melainkan fakta-fakta unik terkait kembar seperti dilansir FoxNews

1. Anak kembar dan ibunya memiliki umur lebih panjang

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh University of Washington pada tahun 2016 lalu mengatakan bahwa orang yang terlahir kembar identik cenderung hidup lebih lama dibandingkan dengan kembar fraternal, dan semua kembar cenderung hidup lebih lama dibandingkan orang yang terlahir normal. Salah satu peneliti, David Sharrow, Ph. D., mengataklan bahwa hal tersebut disebabkan karena ada seseorang yang secara sosial dan emosional sangat dekat. "Mereka mungkin memberikan dukungan mental ataupun material sehingga kembar dapat hidup lebih bahagia," paparnya.

Selain anak kembar yang cenderung memiliki umur panjang, ibu dari anak kembar juga cenderung untuk dapat hidup lebih lama. Penelitian yang dilakukan oleh University of Utah menemukan bahwa wanita yang melahirkan anak kembar cenderung untuk hidup lebih lama. Mengapa demikian? Hal itu karena wanita yang memiliki kehamilan kembar cenderung lebih sehat dan kuat dibanding wanita yang memiliki kehamilan normal.

2. Ada beberapa jenis kehamilan kembar

Mungkin sebagian orang sudah mengetahui bahwa ada dua jenis kembar di dunia yaitu kembar identik dan kembar fraternal (tidak identik). Akan tetapi itu bukanlah satu-satunya kemungkinan kehamilan kembar. 

Pernahkah Anda mendengar tentang superfetation atau interval birth atau dalam bahasa Indonesia berarti kelahiran berjarak. Ini merupakan fenomena langka di mana seorang wanita melahirkan anak kembar dengan interval waktu kelahiran hingga 24 hari pasca kelahiran anak kembar pertama. Nah, ini adalah salah satu jenis kehamilan kembar yang sangat langka.

3. Anak kembar dapat berbeda warna kulit atau bahkan ayah yang berbeda

Tahun 2016 lalu, dunia dikejutkan dengan kelahiran anak kembar yang jauh dari kata identik (kembar) dari pasangan Whitney Meyer dan Thomas Dean. Yang satu berkulit putih seperti ibunya yang memiliki ras Kaukasia, dan yang satunya lagi memiliki kulit gelap seperti ayahnya yang memiliki ras afrika. Hal tersebut tentu menjadi perhatian karena kembar yang 'berbeda' memang sangat jarang terjadi.

Tidak hanya itu, bayi kembar juga dapat memiliki ayah yang berbeda. Jika seorang wanita berhubungan intim dengan lebih dari satu laki-laki dalam jendela ovulasi yang sama maka dapat terjadi kembar beda ayah. Tetapi kasus tersebut sangatlah jarang terjadi.

4. Anak kembar cenderung kidal

Sebuah studi yang dilakukan di Belgia pada tahun 1996 menemukan bahwa setiap satu dari lima orang anak kembar adalah kidal baik kembar identik ataupun fraternal. Sedangkan orang kidal pada orang normal (bukan kembar) ditemukan pada setiap satu banding 10 orang.

5. Bayi kembar harus dilahirkan pada usia 37 minggu

Menurut Christine Greves, M. D., dokter kandungan dan gynecologist Rumah Sakiy Winnie Palmer di Orlando mengatakan bahwa waktu terbaik untuk kelahiran bayi kembar adalah pada usia kehamilan 36 atau 37 minggu untuk mengurangi risiko kematian bayi kembar dan komplikasi. "Banyak proses kelahiran pada bayi kembar terjadi sebelum memasuki usia kadungan 39 atau 40 minggu. Hal itu terjadi karena rahim sang ibu akan merenggang secara signifikan sehingga proses melahirkan menjadi lebih awal," tambahnya.

6. Melahirkan anak kembar tak perlu caesar

Jika Anda beranggapan bahwa orang yang hamil anak kembar harus melahirkan secara bedah sesar maka Anda salah. dr. Greves mengatakan bahwa melahirkan anak kembar secara normal juga aman dilakukan selama kandungan dalam keadaan yang baik. "Jika kedua kepala turun dan bayi berada palam posisi yang tepat di dalam plasenta maka kelahiran normal dapat dilakukan. Biasanya jarak kelahiran antara bayi pertama dan kedua akan berselang kurang dari satu jam," tambahnya.

 

(ages/wida)

Komentar